Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting dan Harus Dipastikan Sebelum Ambil Pinjol



 Saat ini pinjaman online menjadi suatu platform yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk melakukan pinjaman. Umumnya pihak yang menyediakan pinjaman online ini adalah bank dan fintech atau Peer-to-Peer Lending.

Cara mendapatkan pinjaman online untuk modal usaha yang dibutuhkan sebenarnya tidak susah.  

Pihak penyedia pinjaman biasanya akan melakukan penilaian kelayakan kepada setiap orang yang meminjam sebelum akhirnya pengajuan diterima.

Lolos atau tidaknya pengajuan seseorang akan dinilai dari beberapa hal seperti dokumen, pendapatan per bulan, dan lain sebagainya. 

Jadi bagaimana cara mendapatkan pinjaman online untuk modal usaha Anda? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.  


Cara Mendapatkan Pinjaman Online 

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman online: 


1. Cari Tahu Semua Informasi Penting 

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja pinjaman online sebelum mengajukannya. Ada baiknya Anda mencari tahu informasi terkait pinjaman online yang ada. 

Contohnya mencari informasi dari berita, artikel pemerintah, dan sumber tepercaya lainnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mudah termakan rayuan pinjaman online ilegal yang marak terjadi.  


2. Memilih Perusahaan Pinjaman Online yang Legal 

Menyambung pinjaman online ilegal yang sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa platform pinjaman online yang dipilih legal dan diakui oleh pemerintah. Jangan langsung termakan dengan semua kalimat pemasaran yang banyak digunakan. 

Jika Anda menemukan bahwa pinjaman online terlalu bagus untuk menjadi kenyataan maka sebaiknya periksa track record platform itu baik-baik.  


3. Memenuhi Semua Persyaratan 

Persyaratan yang mudah dan proses yang cepat sering kali membuat banyak orang memandang sebelah mata pinjaman online. Akibatnya banyak orang tidak mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan dengan baik. Padahal semua persyaratan harus lengkap. 


4. Menyiapkan Dokumen Asli yang Diminta 

Meskipun tidak kompleks seperti pinjaman pada umumnya, perusahaan pinjaman online akan tetap meminta Anda untuk menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, foto selfie, mutasi rekening, dan lain-lain.  


5. Mengajukan Pinjaman Online Sesuai Kemampuan Keuangan 

Poin ini sangat sering diabaikan oleh peminjam. Jika Anda ingin melakukan pinjaman, pastikan bahwa nominal yang dipinjam masuk akal. Masuk akal yang dimaksudkan di sini yaitu nominal tidak melebihi kemampuan Anda untuk mengembalikannya. 

Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit biasanya mengusung platform kredit yang praktis dan dapat diakses oleh masyarakat dari kalangan manapun. Sebagai contoh, beberapa tawaran pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit tersebut dapat diproses melalui aplikasi yang bisa diunduh gratis di smartphone. Inilah 10 platform aplikasi pinjaman online cepat cair, simak dibawah ini :


1. Julo

JULO merupaka perusahaan penyedia jasa pinjaman yang berbasis digital melayani kredit tanpa agunan (KTA) untuk masyarakat di Indonesia dengan melalui aplikasi smartphone Android dengan fitur pengajuan sangat mudah, tanpa kartu kredit, bunga rendah, dan cashback.


2. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan aplikasi penyedia pinjaman online dengan proses cepat langsung cair tanpa ribet, tidak perlu khawatir karena aplikasi telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

3. EasyCash

Easycash merupakan sebuah aplikasi yang mengusung konsep teknologi finansial dengan memanfaatkan teknologi dalam menjalankan bisnis pinjaman tunai online.

4. Tunaiku

Tunaiku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online (pinjol) yang bisa diandalkan untuk solusi keuangan. Pinjaman Tunaiku memberikan banyak kemudahan dijamin keamanannya dan sudah terdaftar OJK

5. JagoSyariah

Head of Sharia Business Bank Jago Roy Iskandar menyampaikan Jago Syariah merupakan bank digital berbasis syariah di Indonesia yang menawarkan life-centric solution bagi para nasabahnya. "Jago Syariah adalah salah satu bank digital berbasis syariah di Indonesia saat ini.

6. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah aplikasi Pinjaman Online uang tunai tanpa anggunan, kredit tanpa jaminan, dapatkan pinjaman dana tunai cukup pakai KTP dan segera dapatkan dana pinjaman sesuai kebutuhan.

7. Indo Dana

Indodana merupakan platform Fintech Lending dari PT Artha Dana Teknologi yang didirikan sejak November 2017 dan mendapatkan izin OJK sejak Mei 2020. Tidak perlu ragu untuk mengambil dana pinjaman dari platform ini.

8. Uangme

UangMe adalah satu-satunya aplikasi peer-to-peer lending yang dimiliki oleh PT Uangme Fintek Indonesia, perusahaan yang telah berizin dan diawasi secara resmi oleh OJK sesuai dengan SK : KEP-4/D.05/2021.

9. Adakami

AdaKami adalah sebuah platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman (kredit) tanpa agunan. Dijamin proses cepat dan tidak ribet.


10. Seabank 

PT Bank Seabank Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Seabank adalah lembaga keuangan di Indonesia. PT Bank Seabank Indonesia adalah lembaga keuangan digital milik Sea Group, perusahaan induk dari situs e-commerce Shopee. Jadi tidak perlu meragukan situs ini.


Di atas merupakan beberapa aplikasi penyedia jasa pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit dan terpercaya yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari ataupun saat mendesak. Tidak perlu khawatir untuk menggunakan kredit dari penyedia layanan legal karena segala halnya dijalankan sesuai koridor hukum yang sesuai dan berlaku di bawah pengawasan OJK dan AFPI.

Baca juga: menghasilkan-uang-dengan-aplikasi

Apakah anda mendapatkan manfaat dari artikel ini?, yuk bagikan ke orang terdekat. Semoga bermanfaat dan jadilah manfaat dengan membagikan artikel ini..



Posting Komentar untuk "Penting dan Harus Dipastikan Sebelum Ambil Pinjol"